VFE Pedals – Alpha Dog

Sepertinya saya memang punya ketertarikan tertentu dengan builder efek yang terobsesi dengan detail. Dari sekian banyak builder yang menyajikan kesederhanaan fitur, ternyata yang makin njelimet yang makin menarik perhatian saya. Perkenalkan, ini adalah VFE Pedals dari negeri paman sam. Sebuah perusahaan pedal efek yang cukup digandrungi di dunia gitar global karena reputasinya yang baik dalam segi servis dan kualitas produknya. Kali ini kita akan menuju ke sebuah pedal overdrive/distortion dari VFE Pedals yang bernama ALPHA DOG. Yang membuat saya tertarik terhadap Alpha Dog adalah karena Ia dibuat berdasarkan sirkuit dari distortion pedal klasik yang menggunakan LM308 sebagai IC utamanya. Kalo belom ngeh juga si Alpha Dog ini dibuat berdasarkan pedal apa, saya punya pertanyaan : apa bahasa Inggrisnya tikus? Nah terjawab sudah kan.

Sebagai fans berat Proco Rat tentu saja saya langsung berasumsi bahwa Alpha Dog pasti keren. Bahkan bisa jadi lebih keren karena fiturnya yang bejibun. Tahun demi tahun saya ngulik tentang Alpha Dog lewat youtube dan forum sampai akhirnya di sebuah hari yang indah pedal ini mendarat mulus di rumah saya. Saya perhatikan Alpha Dog mulai dari packaging, manual, aksesoris tambahan, finishing, sampai knob dan switch. Kesimpulan saya adalah VFE Pedals sangat memikirkan detail penggunanya. Ketika kita buka ada sebuah pedal, manual yang efektif, sebuah stiker karet untuk alas pedal dan tebak apa selanjutnya? VELCRO! Yak disertakan selembar Velcro hook seukuran pedal untuk kita pakai. Sebuah detail yang luar biasa bukan? Switch yang digunakan VFE Pedals adalah sebuah switch yang mereka sebut VFE True Soft bypass switching. Sekilas terlihat sama seperti 3DPDT Switch pada umumnya namun ketika saya injak sangat terasa kelembutannya. Kaya iklan roti ya? Tapi beneran berasa lembut banget!

alpha 1

Masih banyak sekali fitur fitur detail dari Alpha Dog yang bisa anda akses langsung ke website VFE Pedals karena kalo saya jabarkan satu persatu disini anda bisa ngantuk bacanya.

Secara sound Alpha Dog bisa jadi overdrive yang smooth dan open, bisa juga jadi distortion yang heavy atau mild, bahkan bisa jadi fuzz yang mampet mirip kentut. Pokoknya singkat kata Alpha Dog bisa jadi berbagai macam jenis drive tanpa harus kehilangan karakter aslinya. Anda bisa dengar dari demo yang ada di atas.

alpha 2

Nah yang jadi pertanyaan berikutnya adalah : seberapa mirip Alpha Dog dengan Proco Rat?

Bisa saya bilang, tidak mirip. Anda bisa ngulik Alpha Dog sampai bersuara seperti Rat namun tetap bukan Rat. Alpha Dog adalah pengembangan dari itu. Kalo anda mau Rat, silahkan beli Rat aja tapi kalo bisa yang Whiteface ya karena yang baru baru agak kurang asik menurut kuping saya. Karakter distortion Alpha Dog tetap ada aura Rat namun lebih advance. Ibaratnya satu ordo namun beda spesies. Jika Rat adalah tikus maka bisa dibilang Alpha Dog adalah berang berang.

Udah yah saya harus jemput istri nih, selebihnya anda tonton sendiri demo di atas. Okeh? Makasih ya udah mau baca dan tonton. Sampai jumpa kawan!

Adios!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s