EarthQuaker Devices

Heyho! Ini dia yang ditunggu tunggu, Earthquaker Devices demo! Di video tersebut ada 3 pedal yaitu Crimson Drive, Monarch dan Arpanoid. Sebelumnya saya mau berterimakasih kepada Earthquaker Device untuk support mereka yang sangat baik kepada Rig Rig Rig. Maka dari itu, langsung saja!

Crimson Drive

Pedal ini adalah overdrive germanium. Seperti yang anda dengar di video demo, karakternya crunchy dan menggigit. Sangat enak dimainkan di ampli full tube atau solid state. Jika anda menyukai sound rhythm yang open dan clear, maka Crimson Drive akan jadi pedal yang cocok untuk memenuhi kebutuhan itu. Ketika saya menggunakan Crimson Drive untuk lead, sound yang tercipta bukan smooth and round overdrive ala BB Preamp atau Crunch Box namun Crimson Drive lebih clear dan menghasilkan attack yang dinamis. Ketika kita bermain pelan maka responnya juga akan kalem dan ketika kita hajar kencang dinamikanya akan ikut naik. Sesuai judulnya, Crimson Drive adalah sebuah pedal overdrive bukan distorsi. Jadi jika anda berharap mendapatkan sound distorsi yang tight mungkin ini bukan pedal yang tepat, namun dengan ampli tube yang bagus Crimson Drive akan memanjakan telinga anda dengan memuncratkan sound vintage khas overdrive germanium yang menyalak. Suka Led Zeppelin atau The Black Keys? Ini tiket anda!

Monarch

Dulu sekitar tahun 2004 saya ingat betul ketika pertama kali melihat ampli Inggris berwarna oranye. Edan! saya langsung berpikir seperti apa suaranya. Apakah unik? Aneh? Atau bagaimana? Saya tidak punya bayangan. Dan ketika mencobanya langsung ternyata saya cukup terkesima. Sound clean yang bernyali dan distorsi yang menggebu langsung menghadang telinga. Karakter yang tidak saya jumpai dimana mana sebelumnya. Singkat kata saya cukup terpesona dibuatnya.

Kali ini Earthquaker Devices mencoba mengulang kedahsyatan sound ampli oranye tersebut dengan membuatnya jadi lebih kecil, ringan dan terjangkau. Mereka melahirkan Monarch. Sebuah pedal overdrive/distorsi yang secara tone dan tampilan mengacu ke ampli tersebut. Tentu anda sudah mendengar seperti apa suaranya di video di atas. Saturasi yang fuzzy dan memiliki low end serta frekuensi high musikal yang menjadikan ampli oranye itu popular cukup berhasil didokumentasikan oleh Earthquaker Devices.

Monarch adalah sebuah perangkat tone yang sangat fleksibel. Saya pribadi menggunakan Monarch sebagai clean preamp dibanding menjadikannya overdrive. Ini membuat Monarch bersifat sebagai tone enhancer di pedalboard saya. Sound clean yang tumpul dan kering bisa jadi lebih berwibawa ketika saya menyalakan Monarch sebagai preamp. Tinggal kecilkan knob Gain dan naikkan knob Level, voila! Jadilah Monarch sebagai clean preamp. Monarch juga bisa dinyalakan memakai power supply 18 volt untuk sound yang lebih tight. Fleksibel adalah kata kunci pedal ini.

Arpanoid

Jujur ketika pertama kali melihat pedal ini dan memainkannya saya berpikir keras bagaimana cara menggunakannya. Arpanoid adalah pedal yang sama sekali baru untuk saya. Bukan octaver, polyphonic pitch, pitch bender atau sebagainya. Ini adalah arpegiator yang memiliki spectrum nada yang tidak biasa. Salut saya untuk Earthquaker Devices yang memiliki imajinasi liar membuat pedal ini. Arpanoid memiliki 8 mode arpeggio baik minor ataupun major. lalu ada toggle switch untuk mengatur naik turunnya arpeggio anda, mau naik terus, naik turun, atau turun terus. Crazy!

Arpanoid diciptakan bukan untuk musisi atau gitaris yang bermain aman, Arpanoid adalah sebuah perangkat untuk bertualang menuju dunia fantasi anda. Coba anda campurkan Arpanoid dengan fuzz, delay, chorus, phaser atau bahkan ring modulator. Saya jamin anda akan geleng geleng sendiri. Geleng geleng tersebut bisa memiliki 2 kemungkinan antara “Anjir ngapain sih gw beli ini..” atau “Ini dia yang selama ini gw cari..”

Tidak ada garis impas untuk Arpanoid.

Silahkan anda lihat sendiri video di atas agar mengerti maksud saya, karena Arpanoid adalah perangkat yang harus anda lihat sendiri untuk bisa dimengerti.

Cheers!

Advertisements

3 comments

  1. Muhammad Ardi · February 11, 2014

    yg arpanoid keren abis mas iga,baru kali ini saya mndngar suara gtu dri sebuah pedal. arpanoid nya jual di indonesia/luar? kira2 menguras kocek ga ya hehehe #infonya ya mas iga

    • rigrigrig · February 13, 2014

      Iya Arpanoid memang unik, harganya sekitar 2 juta keatas. Kalo minat coba kontak http://www.bneffects.com aja untuk distributor di Indonesia

      😉

      • Muhammad Ardi · February 15, 2014

        siap my teacher. terima kasih mas iga atas infonya 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s