8 LANGKAH MENDAPATKAN SOUND GITAR YANG BAIK

Perjalanan pencarian tone gitar yang baik adalah sebuah jalur tanpa akhir, dengan artikel sederhana ini saya ingin berbagi secara singkat tentang bagaimana mendapatkannya. Tentu ini bukan hal yang mutlak karena tiap tiap gitaris tentu memiliki karakter yang berbeda dalam bermain namun dengan rendah hati saya mencoba berbagi. Silahkan dinikmati.

DENGAR

Dengarkan dengan seksama sound gitar yang menjadi impian anda. Dengarkan bagaimana gear anda berinteraksi. Putar knob knob yang ada dan perhatikan reaksinya terhadap sound. Mendengar adalah sebuah proses belajar yang amat penting.

PICKING

Bagaimana anda memetik senar adalah sebuah faktor krusial dalam bermain gitar. Ini akan mempengaruhi tone anda secara langsung. Apakah anda menggunakan pick atau tidak, ukuran ketebalan pick, jenis bahan pick, posisi anda memetik apakah dekat dengan bridge (bright) atau menuju ke arah neck (warm), semua mempengaruhi tone anda secara

keseluruhan. Perhatikan dan teliti mana yang terbaik untuk anda. Coba semua kemungkinan.

aaa

SENAR

Senar yang masih baru adalah sebuah kebahagiaan dalam bermain gitar. Feel dan tone akan membuat kita nyaman dalam memainkannya. Senar ada beragam jenis dan ukuran. Semakin tipis senar maka semakin bright suara yang dihasilkan. Selain itu semakin tebal senar maka feel-nya akan terasa semakin keras dan tone akan semakin tebal dan warm. Selain itu ada juga cairan pembersih senar untuk menjaga agar senar tidak terlalu cepat berkarat dan membuatnya sedikit licin agar mudah dimainkan. Merawat senar adalah investasi jangka pendek untuk kenyamanan bermain gitar. Good strings = good mood.

TUNER

Gitaris yang cerdas akan selalu membawa tuner ketika Ia bermain. Karena akan terlalu beresiko untuk tidak membawa tuner ke atas panggung atau sekedar bermain di kamar. Tidak ada yang mau mendengar gitar yang fals bukan? Biasakan telinga kita dengan pitch yang sempurna, maka kita akan mudah mendeteksi segala bentuk out of tune pada nantinya dengan mudah.

KABEL

Tidak ada yang lebih mengerikan dari kabel yang mendadak malfungsi di tengah tengah lagu. Solo gitar yang harusnya meraung penonton kini hanya terdengar seperti gergaji mesin. Cek semua kabel instrumen anda, bawa kabel sendiri. Kabel yang berkualitas baik adalah investasi yang sangat bagus. Mulailah menabung.

DINAMIKA

Bermain keras terus menerus tidak selamanya terdengar bagus. Ketahuilah kapan harus bermain pelan, kapan harus naik lagi, kapan harus intens dan kapan harus memberi ruang kepada instrumen lain. Dinamika adalah emosi dalam sebuah komposisi. Tanpa dinamika dalam bermain musik kita akan terdengar monoton. Pelajari rekaman rekaman BB King, Led Zeppelin, John Mayer Trio, Eric Clapton, dll untuk mengetahui bahwa bagaimana bermain pelan adalah sama pentingnya dengan bermain keras.

GITAR

Benda ini adalah satu satunya alat dimana anda bisa mengekspresikan siapa anda sebenarnya dalam musik yang anda mainkan. Ketahuilah semua tentangnya. Pickup, fret, elektronik, neck, bridge, saddles, jack, semuanya. Jika anda sudah bisa menguasai gitar anda, maka tidak ada yang tidak mungkin. Mempelajari struktur gitar sama pentingnya dengan belajar scale dan teori musik. Dengan mengetahui bagaimana mesinnya bekerja maka anda akan selamat dari berbagai kepanikan yang diakibatkan gitar anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Anda jadi tau bagaimana teknik pertolongan pertama ketika hal itu terjadi.

Selamat bermain gitar dan berkreasi. Rock on!

Ps : artikel ini ditulis berdasarkan pengembangan dari 8 Tips For Finding Great Tones dari Pro Guitar Shop.

Advertisements

5 comments

  1. acay lutfi · January 11, 2014

    thx,,,, bagus banget sharingnya gan…

    • rigrigrig · January 11, 2014

      Sama sama gan, makasih juga udah baca. Semoga berguna ya gan 🙂

  2. budi santosa · February 14, 2014

    Nice share…
    sangat bermanfaat…
    keep posting…

    • rigrigrig · February 14, 2014

      terimakasih mas Budi, senang bisa bermanfaat

  3. toto pirngadi · December 13, 2014

    AWESOME.. SANGAT BERMANFAAT.. SYA SHARE YA MAS..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s