PIGTRONIX FAT DRIVE

Post pertama di bulan puasa! Selamat menahan nafsu untuk yang menjalankan, terutama menahan nafsu belanja.

Kali ini review singkat saya setelah mencoba langsung Pigtronix Fat Drive kemarin di Nuansa Musik Pondok Indah Mall 2. Saya mencoba pedal ini dengan gitar Fujigen model Telecaster dan ampli Blackstar HT combo 2×12.

Image

Sound

Sedikit fuzzy dan butuh butuh penyesuaian. Butuh penyesuaian? Ya. Karena sound drive dari pedal ini berbeda dari pedal drive kebanyakan. Suaranya agak saggy dan dark. Responnya sedikit ‘mampet’. Saya pun baru merasakan kelebihan pedal ini setelah beberapa menit mengutak atik knob level, drive, tone dan switch ‘more’ nya.

Seperti judulnya ‘Fat Drive’ bukan omong kosong. Sound Fujigen Tele yang bright bisa menjadi tebal ketika pedal ini dinyalakan. Menyerupai ‘woman tone’ nilik Clapton dengan eksekusi yang lebih brengsek. Enak untuk main lead dan chord. Saya cukup senang dengan suaranya. Tonality yang unik bisa jadi diferensiasi yang bagus untuk pedal ini. Sangat berbeda karakter dari OCD, Crunch Box, Big Muff. Pigtronix berhasil menciptakan warna sendiri untuk karakter pedal pedal mereka. Saya sudah mencoba Philosopher’s Tone dan menemukan karakteristik yang serupa.

Fitur

Hanya ada sebuah toggle ‘More’ untuk kebutuhan gain yang lebih besar. Cukup signifikan. Dan Pigtronix Fat Drive bisa dinyalakan dari 9 sampai 18 volt untuk headroom yang lebih besar. Dan bagusnya mereka memberikan adaptor!

Kesimpulan

Dalam perjumpaan singkat saya bersama Fat Drive, saya nyatakan bahwa pedal ini layak untuk menjadi koleksi. Satu kekurangannya ada di jack plastik berwarna hitam. Kenapa plastik? Dengan harga segitu saya memiliki ekspektasi lebih. Pedal ini memliki sound yang unik dan tampilannya kece. Harga lumayan tinggi (1.750.000) tapi saya rasa untuk gitaris yang mencari sound yang lebih segar,  Pigtronix Fat Drive bisa jadi pilihan yang menarik. Lagipula tidak kah anda bosan memakai pedal yang sudah banyak dipakai orang orang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s