AMT Electronics Legend Amps Series V1

2

Lihat betapa bahagianya sang empunya rigrigrig ini tatkala berjumpa dengan salah satu hasrat duniawinya. Gitaris mana yang tidak bahagia jika memiliki Vox AC 30 ini, termasuk saya. Namun, karena kendala biaya (alasan klasik namun tak terbantahkan), sementara ini saya cukup bisa tersenyum (tanpa harus menunduk untuk memeluk) dengan Mini Me dari Vox AC 30.

 1

AMT V1 ini pada dasarnya merupakan preamp, tapi bisa juga disebut pedal overdrive, karena karakter suara yang dihasilkan memang mengacu pada sound drive dari ampli Vox AC30. Fitur knob yang terdapat pada V1 ini adalah Level, Master Volume, Gain, dan knob EQ Low – High. Level berfungsi untuk mengatur perpaduan antara sound V1 dengan karakter sound asli dari ampli. Master Volume untuk mengatur volume dan Gain untuk mengatur besar kecilnya sinyal. Sinyal yang dimaksud di V1 ini bisa dibilang sebagai sinyal Drive. Dengan menyetel knob Gain secukupnya, katakanlah posisi jam 12, maka anda akan mendapatkan sound low gain overdrive yang smooth namun tetap punchy. Tambahkan kadar Gain dan selamat menikmati sound drive yang tebal dan semakin punchy. Meskipun karakter dasar V1 adalah overdrive, namun V1 tetap bisa akur dengan pedal overdrive lainnya, seperti demo yang ada di video ini.

 

Karena hanya ada 2 knob EQ, yaitu Low dan High, maka akan lebih memudahkan kita dalam mengatur sound yang anda inginkan. Sound Low nya terdengar bagus, tebal namun tetap lembut, hanya saja untuk sound High-nya menurut saya terlalu tajam. Di sisi kiri V1 terdapat switch yang bertuliskan Amp dan Cab Sim. Amp untuk penggunaan langsung ke ampli, tidak melalui input tapi melalui send return. Sementara Cab Sim untuk penggunaan direct ke mixer, sound yang dihasilkan cukup mumpuni baik untuk live atau studio. Dengan menggunakan fitur input Send Return, V1 juga bisa menjadi lead pedal jika dipasangkan dengan AMT Legend Series lainnya.

Kesimpulannya V1 ini bagus dan bisa mengakomodir kebutuhan live maupun recording, dengan harga yang cukup terjangkau (Rp 1.500.000,- ±), tidak ada salahnya menggunakan pedal ini dulu untuk perform sembari menabung sampai bisa membeli Vox AC30 yang sesungguhnya.

Oleh : Andra Kurniawan

Advertisements

One comment

  1. giwe · September 4, 2014

    Nice impoh masbroo..
    Thanx 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s