Cmat Mods Signa Drive

Lagi lagi pedal overdrive.

Mau bagaimana lagi? Ibarat makanan mungkin overdrive adalah sambal di nasi uduk, keju di dalam hamburger dan minyak samin dalam sop kambing. Kehadirannya sederhana namun krusial. Dari ribuan bahkan mungkin jutaan jenis pedal overdrive di muka bumi ini, hanya sedikit yang berhasil mencuat ke permukaan. Salah satu yang paling legendaris tentu saja si hijau Tube Screamer. Lalu menyusul Timmy, SD1, Fulldrive, Centaur, dan seterusnya..

Dari panjangnya perjalanan ini, dan banyaknya uang yang telah disedot oleh nafsu belanja (dunia gitar lebih jahat dari cewe matre) sampailah saya dipertemukan dengan Cmat Mods Signa Drive. Awalnya saya lihat pedal ini masuk dalam list ‘Standout Stompbox’ milik Pro Guitar Shop. Anda tahu Pro Guitar Shop? Jika tidak maka tetaplah begitu. Ini adalah gerbang iblis menuju kebangkrutan. Singkat kata saya tertarik karena harganya cukup masuk akal, $149. Kemudian dari review yang saya baca di berbagai forum luar negeri pedal ini dapat berbagai terstimonial positif. Lalu saya dengar sound sample di Youtube dan suaranya memang enak. Saya penasaran.

Akhirnya pedal ini mendarat di TokoVe. Sebuah toko musik dan restoran tempat saya bekerja. Kami menjual berbagai keperluan gitar seperti efek, gitar dan aksesoris. Dan saya selalu senang ketika pedal mulai di re-stock. Karena akan banyak pedal pedal baru menunggu untuk dicoba. Yang menggoda saya tentu saja si Signa Drive. Tanpa ba-bi-bu langsung saya colok menggunakan Fender Telecaster dan Fender Champ amplifier. Kabel siap, tuning senar, nyalakan ampli. Dan inilah saatnya, naikkan volume!

SOUND

Secara karakter, Signa Drive masih dalam ruang lingkup Tube Screamer. Warm dan smooth. Kadar drive tidak terlalu banjir namun cukup untuk mengakomodir kebutuhan gitaris yang bermain dalam ranah blues, pop, dan rock. Ini bukan pedal high gain, ingat itu. Sound Telecaster masih terdengar jelas karakternya. Twangy, clear, bright. Signa Drive cukup baik dalam hal menjaga frekuensi asli sound gitar, dalam artian tidak mengalami low cut dan mid hump yang berlebihan. Saya cukup lama bersenang senang memainkan Telecaster dengan Signa Drive ini, rasanya sangat natural.

FITUR

Yang membuat Signa Drive menarik adalah dengan adanya sebuah clipping switch untuk memilih 3 voicing yang akan merubah reaksi gain pada pedal. Smooth, open dan open-saturated. Favorit saya pada posisi smooth. Seperti apakah definisi smooth? Silahkan kira kira sendiri aja, saya yakin anda cukup mengerti. Dalam posisi open akan terjadi lonjakan volume yang cukup drastis, cocok untuk anda yang menggunakan pedal overdrive sebagai booster pada ampli tabung. Lalu pada posisi open-saturated pedal ini lebih galak. Mungkin bisa memenuhi kebutuhan sound yang lebih agresif.

Penamaan switching ini saya bikin sendiri. Karena memang Cmat Mods tidak menjelaskan secara rinci tentang switching ini. Dasar tidak bertanggung jawab!

Oh iya Signa Drive menyertakan JRC4558 chip (chip yang terdapat dalam Tube Screamer) di dalamnya dan pedal ini juga bisa dinyalakan dalam 18 volt. Saya udah coba dan hasilnya pedal terasa lebih open dan sensitif terhadap touch. Namun saya lebih suka di 9 volt. Perihal selera aja sih. Bebas!

KESIMPULAN

Saya udah mencoba shootout Signa Drive VS TS9 Keeley modified (artikel ini akan saya post segera, bersiaplah!) dan sepertinya Signa Drive bisa jadi pilihan yang ekonomis untuk gitaris yang menginginkan lebih dari sekedar sound Tube Screamer. Karena keluhan seperti low cut dan mid hump yang terjadi dengan Tube Screamer memang terasa mengganggu bagi sebagian gitaris. Dari segi harga, Signa Drive tidak terlalu jauh dari Tube Screamer TS9 baru dan lebih murah dari TS808. Dengan fitur clipping switch, maka saya rasa ini akan jadi faktor kekuatan yang baik untuk Signa Drive.

Kekurangan pedal ini? Finishing-nya biasa banget. Itu aja sih. Dari segi harga dan suara pedal ini adalah salah satu yang layak dijadikan pilihan. Another ordinary overdrive with a twist.

Cmat Mods Signa Drive tersedia di TokoVe

Image

Advertisements

8 comments

  1. kevin tourino (@kepintorino) · April 29, 2013

    berapa nih bang harganya?sama mau nanya effect” yang cocok kalau main di genre pop swing gitu bang.

    • rigrigrig · May 3, 2013

      Harganya 1.575.000

      Butuhnya suara apa?

  2. ily · October 5, 2013

    Alamat beli signa drive dmna?

  3. jozzhtreemonti · December 2, 2013

    kalo buat gw, definisi clippingnya itu open, fuzzy, compressed hehehe

  4. yosuagiann · December 4, 2013

    mas iga mau tanya signa kalo dipakein 18v kenapa LED nya kedip2 yah pas on?

    • rigrigrig · December 4, 2013

      Pengalaman saya nggak begitu, coba kamu email ke mereka langsung. Balesnya cepet kok

  5. Ade Viankakrisna · January 2, 2014

    bang iga, review pedal2nya mooer doong 😀 kemaren liat2 videonya langsung ngiler euy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s