Hit the road jack!

Hawaii aloha! Salam jumpa kembali di 2012 kawan kawan, mari kita awali tahun ini dengan artikel ringan sebagai pembuka. Saya akan membahas tentang masalah kecil yang fatal dan sangat menyebalkan yaitu lubang input jack yang kendor pada Telecaster.

Para pengguna tele pasti cukup akrab dengan masalah ini, karena memang desain ‘jack cup’ milik tele adalah sebuah rancangan yang tidak bagus. Benda ini tidak sempurna ‘menggigit’ jack yang masuk sehingga menghasilkan masalah masalah umum seperti bunyi kresek kresek sampai kemudian gitar anda mati total. Saya pernah mengalami yang terakhir dan bersumpah itu adalah kondisi terburuk yang tidak ingin saya alami lagi.

Berikut adalah contoh jack cup asli milik Telecaster :

Bisa kita lihat disini bahwa tidak terdapat elemen yang baik untuk mencengkram ujung jack yang masuk kedalam input. Semua hanya sekedar dijepit dan sekedar lewat. Hal ini lambat laun akan menjadi kendor dan membuat ujung jack yang masuk dapat bergerak kesana kemari sehingga menghasilkan berbagai masalah yang saya sebutkan tadi.

Lalu bagaimana penyelesaian termudahnya?

Tentu saja tidak semua orang senang untuk masuk ke hal hal yang berhubungan dengan perbaikan mekanis seperti mencari apa yang salah pada benda itu kemudian meneliti hingga menemukan solusinya. Banyak dari kita memilih untuk ganti baru karena lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. Namun apakah dengan mengganti input jack yang baru akan menyelesaikan masalahnya? Jawabannya bisa jadi tidak. Karena secara rancangan model jack cup ini memang rentan mengalami masalah. Maka dari itu saran saya adalah anda mencari benda yang bernama..

ELECTROSOCKET

Ini adalah spare part terbaik untuk mengganti jack cup pada Telecaster. Desainnya sungguh simple namun efektif. Untuk jelasnya silahkan lihat gambar di bawah

9104_Electrosocket_Jack_Mount_sm_1

Kita bisa lihat ada 2 sekrup yang menancap pada lubang tempat jack cup itu bernaung. Sementara hal ini tidak ada pada desain sebelumnya. Manfaatnya adalah jack cup ini tidak akan goyang ataupun aus/kendor. Juga terlihat ulir yang cukup dalam agar ujung jack bisa masuk tegak lurus dan kemudian dijepit oleh jack konektor yang ada di dalam gitar anda. Pemasangannya pun tidak memerlukan skill khusus. Cukup gunakan intuisi prakarya anda, sambil diiringi doa dan iringan lagu Michael Buble, buat diri anda setenang dan senyaman mungkin saat mengerjakannya. Setelah terpasang coba anda goyang goyangkan kabel jack seiring gesture anda memainkan rhythm gitar funk yang groovy. Hasilnya? Anda akan tersenyum karena kini anda sudah bebas masalah!

Bisa anda lihat di forum forum gitar luar negeri bahwa Electrosocket ini menuai pujian dimana mana. Dengan desain yang sederhana dan harga yang cukup terjangkau Ia bisa menyelesaikan masalah yang ada untuk desain yang tercipta bertahun tahun sebelumnya.

Bahkan dalam website resminya produsen spare part gitar legendaris kelas dunia, Callaham menulis :

“This is the best jack cup available. Don’t waste your time with anything else, especially those that are knurled and are driven into the cup hole. They will crack your finish and fall out right when you least expect it. This is a great product; I just wish we made it.”

Bungkus!

😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s