Hardwire Tube Overdrive

Pedal overdrive adalah sebuah pedal yang sangat umum. Dari ratusan bahkan mungkin jutaan pedal yang ada di dunia ini, hanya ada beberapa nama yang memiliki reputasi legendaris. Salah satunya adalah Ibanez Tube Screamer. Berbekal dari situ banyak sekali produsen pedal mengembangkan sirkuit legendaris tersebut lalu memasarkannya dengan menambahkan berbagai fitur dan modifikasi.

Saya pribadi tidak terlalu menyukai suara asli dari Tube Screamer karena terkesan biasa saja ditambah dengan harga yang terlalu tinggi. Tapi lagi lagi ini adalah alasan yang subjektif. Pertimbangan saya dengan harga seperti itu seharusnya benda ini memiliki suara atau minimal fitur yang lebih lengkap. Namun itulah ilmu pemasaran, mereka bisa saja melambungkan harga selangit untuk menjual sebuah benda berdasar legenda. Namun ada juga gitaris yang memang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan benda yang diimpikannya. Tidak ada yang salah untuk hal ini.

Lalu ada apa dengan Hardwire Tube Overdrive?

Awalnya sekitar 2 tahun lalu ketika Hardwire baru diluncurkan saya penasaran tentang pedal ini. Tampilannya keren dan sepertinya memiliki suara yang tak kalah keren. Namun saya hanya dalam taraf penasaran saja lalu saya pendam rasa ini hingga tahun tahun berikutnya (cieee)..

Singkat cerita akhirnya saya membeli Hardwire Tube Overdrive second hand dengan harga yang cukup bagus. Berbekal dari demo yang ada saya meyakinkan diri saya bahwa pedal ini adalah pedal overdrive yang cukup bisa mengakomodir kebutuhan saya. Walau kita semua tau bahwa yang namanya kebutuhan selalu bisa diciptakan. Intinya adalah GAS! GAS! dan GAS!!

Yang dijagokan oleh Hardwire tentang pedal Tube Overdrive ini adalah headroom yang lebih besar dari pedal pedal pada umumnya sehingga tidak menciptakan kompresi ketika diaplikasikan dengan gitar yang memiliki output besar seperti gitar gitar dengan pickup aktif. Namun saya memakai gitar single coil yang outputnya moderate jadi harapan saya memang supaya pedal ini memberikan headroom yang lebih besar dari pedal overdrive pada umumnya. Dan ternyata hal itu memang benar adanya! Saya kagum dengan pedal ini karena memiliki begitu banyak output volume dan gain. Knob yang tersedia ada 4 yaitu Level, Low, High, Gain. Kemudian ada switch voicing Classic dan Modified.

Saya jelaskan disini bahwa knob low dan high tidak serta merta hanya mem-boost dan memotong frekuensi saja, tapi seiring kita menaikan kadar kedua knob tersebut maka itu akan mempengaruhi keseluruhan output dan volume. Semakin besar kadarnya maka semakin besar outputnya. Dan reaksi ini menghasilkan headroom yang sangat besar. Frekuensi bass yang dihasilkan sangat tight walau dalam posisi full dan treblenya cukup manis dan tidak terlalu tajam kecuali dalam jumlah yang besar. Sound dasarnya menurut saya dan juga forum forum yang saya baca memang masih diambil dari Tube Screamer yaitu sound overdrive yang cenderung menghasilkan mid hump (frekuensi mid yang cukup dominan). Namun hal ini masih bisa dimaafkan dengan adanya dua knob equalizer yang interaktif tersebut. Dan untuk gain saya rasa sangat mencukupi, ingat ini adalah pedal overdrive bukan distorsi. Namun sebagai pedal overdrive pun saya merasa bahwa Hardwire Tube Overdrive ini memiliki gain yang cukup besar jika dibandingkan pedal overdrive yang setara. Apalagi ditambah dengan switch voicing classic dan modified, maka kita memiliki lebih banyak pilihan clipping. Untuk mode classic suara yang dihasilkan lebih smooth dan tight dan mode modified menyediakan gain yang sedikit lebih besar dengan frekuensi low yang lebih fokus dan sound overdrive yang lebih open.

Aplikasi saya untuk pedal ini adalah dengan gitar Fender Stratocaster menggunakan pickup custom dari Ganee Pickup dan Fender Telecaster dengan Lollar pickup. Reaksi di kedua gitar ini cukup baik. Sound yang dihasilkan cukup istimewa menurut saya. Biasanya pedal overdrive akan memotong frekuensi bass yang ada dan cenderung membuat sound kita ‘kempes’ namun tidak begitu dengan Hardwire Tube Overdrive. Kita bisa mengatur frekuensi low dan high sedemikian rupa sehingga suara overdrive yang ada menjadi fat dan tetap memiliki gemerincing sehingga tidak terdengar muffled atau muddy. Saya membandingkan langsung dengan MXR Zakk Wylde kesayangan saya dan hasilnya adalah ZW terdengar menciut dibandingkan Hardwire Tube Overdrive. Seperti Honda Tiger versus Honda CB.

Namun pedal ini juga tidak lepas dari kekurangan karena yang sempurna hanya milik Andra & The Backbone. Maaf untuk joke garingnya. Jadi yang kurang dari pedal ini adalah frekuensi mid yang masih dominan seperti layaknya Tube Screamer. Bisa jadi favorit atau malah jadi kekurangan bagi sebagian orang. Dan mungkin untuk para pecinta overdrive yang vintage akan berpikir bahwa suara yang dihasilkan pedal ini terkesan berlebihan dengan kadar ketebalan yang terlalu besar.

Overall menurut saya, jika anda menemukan pedal ini di pintu gerbang istana iblis atau yang kita kenal dengan Forum Jual Beli dengan harga yang cukup bagus silahkan diambil. Karena ini adalah pedal yang patut anda coba. Jika kemudian tidak suka maka anda bisa kembali menjualnya, lalu membuat gitaris lain terjebak untuk membelinya. Karena memang begitulah siklus lingkaran setan ini. Dan kita semua menikmatinya.

Sampai jumpa di depan gerbang..

Oleh : Iga Massardi

Advertisements

6 comments

  1. papasaurus84ta vaiwira · March 1, 2012

    sial…terpengaruh…T____T

    • rigrigrig · April 12, 2012

      At your own risk LOL terimakasih sudah membaca 🙂

  2. Budi Ogah · March 26, 2012

    nice share…
    Tq Mas…
    🙂

  3. Ganèé Pickups · May 23, 2012

    I love this page 😉

  4. toto pirngadi · December 13, 2014

    saya punya pedal ini….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s