Ibanez Tube Screamer TS 9

Overdrive!! tentunya merupakan suatu istilah yang sudah akrab dong ya buat para temen – temen yang ngeband disini. Jujur aja, awal saya memutuskan untuk menggunakan TS – 9 ini adalah total coba – coba, karena tiap baca majalah gitar dan buka website seperti UberProAudio.com atau guitargeek.com, para pendekar gitar yang saya idolakan kok pada pakai pedal hijau yang satu ini. Sejarah singkat, TS-9 adalah salah satu anggota klan pedal Ibanez TS (Tube Screamer) yang legendaris. Sesuai dengan namanya, pedal ini banyak dipakai untuk ‘menjeritkan’ drive pada amplifier yang pada umumnya tabung, atau juga mem-boost pedal distortion, dalam rangkaian pedalboard kita tentunya.

Saudara-saudaranya antara lain ada Ibanez TS-808, TS-9DX, TS-10, TS-5, TS-7 dan TS-9B (untuk bass). Diantara kakak beradik TS, yang paling populer adalah TS-808, dan TS-9. Sekedar info, konon kabarnya Eross, sang gitaris Sheila on Seven adalah salah satu pengguna TS-808 di tanah air.

Baiklah, mari kembali ke TS-9. Siapa aja para pendekar gitar yang memakainya? Beberapa diantaranya adalah Steve Ray Vaughan, John Mayer, Ross Childress (Collective Soul), Mike McCready (Pearl Jam), dan Munki (Korn). Yang tertulis tadi cuma sebagian kecil dari sangat banyak gitaris legendaris yang menggunakan pedal ini.

Soundnya kayak gimana? Ok, mari kita bicara tentang suara yang dihasilkan si hijau ini.   TS-9 berkarakter tajam dan menggigit untuk sebuah overdrive, yah bahasa kerennya mid-boosted. Walaupun demikian, unsur kehangatan dan creaminess nggak hilang pada pedal ini. Kuping saya perlu penyesuaian saat pertama kali mencobanya, karena sebelum TS-9, saya terbiasa dengan Boss SD-1 Super Overdrive yang karakternya lebih empuk dan ’ngebass’ jika dibandingkan dengan TS-9.

Setelah utak atik dengan tiga kenop yang sederhana (drive, tone & level), saya mendapatkan dua setingan favorit untuk pedal overdrive ini. Setingan clean yang agak tajam ala nuansa jadul, saya dapatkan dengan kenop drive menunjuk kearah jam 9 dan tone di arah jam 3. Boleh diadu dengan sound nya George Harrison di lagu I Want You (She’s So Heavy) milik The Beatles. (Lebih lucu dan seru lho, kalau ditambah dengan reverb).

Setingan kedua, Rock and Roll!! Kenop drive full, tone tetap di arah jam 3, hasilnya sound full overdrive ala mid-boosted seperti yang seharusnya!! Growl padat, responsif, creamy, hangat, dan menggigit, namun tidak memekakkan telinga. Batasan paling atas overdrive, sebelum menuju ke distortion. Asiknya lagi, pada setingan ini, kita bisa mengendalikan kapasitas drive yang dikeluarkan dengan volume knob gitar kita. kecilkan volume knob pada gitar untuk dapat suara clean, dan full kan volume knob pada gitar untuk dapat sound full drive. Oh iya, pedal ini cukup transparan dalam mengolah signal gitar. Maksud saya adalah, besar atau kecil kadar drive yang muncul, tidak menghilangkan warna karakter dasar dari tone gitar yang digunakan. Menyenangkan sekali!!

Kesimpulan saya untuk Ibanez TS-9. Sebuah pedal yang siap tempur, walau karakternya lebih kearah vintage dan bukan modern, namun sanggup untuk diajak memainkan lagu jenis apapun (benar-benar apapun, selama anda bisa memainkan lagunya), casing besi solid tahan gempur, kenop sederhana yang mudah dipahami, sound variatif (imajinasi anda batasnya), bisa digunakan sebagai booster untuk amplifier atau pedal distortion, tidak true bypass, menggunakan battery 9 Volt atau power supply 9V AC dan masih buatan Jepang

Oleh : TJ Kusuma

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s