Electro Harmonix Double Muff

Sudah lama saya tidak menulis review, baik itu tentang album musik, film atau buku. Mungkin karena tidak ada yang bisa di review juga atau terlalu asyik dengan twitter, entahlah.

Lalu tiba saatnya ketika saya harus merubah setting efek di pedalboard saya. Berhubung ZATPP sudah tidak aktif lagi, jadi saya merasa harus melakukan perubahan yang cukup drastis karena kebutuhan saya untuk band baru saya Raksasa. Awalnya, saya hanya mencabut beberapa efek yang jarang sekali saya gunakan meskipun ada di dalam pedalboard. Lalu saya berpikiran untuk membeli pedal fuzz untuk distorsi utama. Untuk Raksasa, saya sebetulnya menggunakan distorsi dari ampli, tetapi saya akhirnya memutuskan untuk memakai pedal fuzz mengingat ampli di rental sound system yang tidak terjamin kualitasnya, ditambah lagi agak repot apabila harus bawa amplifier setiap manggung.

Pilihan saya jatuh kepada Double Muff Fuzz dari merk Electro harmonix. Sebetulnya, ini adalah pedal Big Muff yang legendaris itu yang sudah kita dengar karakternya di berbagai macam album yang menjadi legenda, diantaranya Smashing Pumpkins, Pink Floyd dan The White Stripes. Yang membedakan pedal ini dengan Big Muff adalah pedal ini merupakan dua Big Muff dijadikan satu dengan karakter fuzz yang tidak terlalu “robek”. Pada pedal ini terdapat tombol Single-double untuk memilih menyalakan satu karakter big muff atau dua sekaligus. Hal ini yang membuat pedal ini unik karena gabungan dari dua big muff itu membuat sound kita jadi lebih “distort”, terutama apabila kita menyalakan fitur “double”.

Pedal ini memiliki 2 kenop yaitu muff 1 dan muff 2. Apabila kita memakai karakter single, kenop muff 1 berfungsi sebagai main volume dan gain bersamaan. Ketika kita menggunakan double, kenop 1 berfungsi sebagai master volume dan kenop 2 berfungsi sebagai gain dan drive. Diperlukan sedikit penyesuaian setup dengan mengutak-atik kedua kenop tersebut untuk mendapatkan karakter sound yang kita mau. Nah, uniknya lagi, pedal ini sangat bergantung kepada master volume di gitar kita. signal kita akan terdistorsi penuh kalau kita buka full volume di gitar kita, tetapi akan menjadi clean dan soft kalau kita kecilkan volume gitar kita. Hal ini sangat penting mengingat kita bisa mengatur drive tanpa harus mematikan dan menyalakannya, cukup kita mainkan volume gitar saja.

Satu lagi yang saya suka dari efek ini adalah karakter fuzz/distortion yang dimilikinya. Cukup berbeda dengan big muff original, pedal ini tidak terlalu terkesan “robek” seperti umumnya pedal fuzz lainnya. Karakter tajam dan fuzzy masih kita dapatkan tetapi seperti ada sedikit gabungan dengan karakter amp distortion. Ditambah lagi, karakter efek ini tidak seperti big muff yang memakan semua Tone gitar kita dan merubahnya menjadi fuzz secara total, efek ini ibaratnya hanya menyelimuti tone gitar kita sehingga tone asli gitar masih terdengar jelas.

Hal yang menyenangkan dari pedal ini adalah harganya. Untuk pedal dengan karakter seperti ini, harganya cukup “affordable”.

Untuk sample sound bisa cek di video dibawah ini…

Update : Sayangnya, Electro Harmonix sekarang tidak mengeluarkan tipe double muff dengan casing vintage seperti ini lagi. Mereka merubahnya dengan casing Nano yang lebih kecil. Double muff dengan casing seperti pada gambar dan video diatas ini sudah langka

Oleh : Iman Fattah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s