MXR Zakk Wylde Overdrive

Badan besar, brewokan, gondrong, sangar, dengan atribut serba lancip, robek, dan berduri. Penggambaran sosok yang jauh dari kesan orang baik baik. Namun sebagai manusia yang berakal sehat, tentunya kita tidak boleh menilai orang hanya dari penampilannya. Dalam konteks ini, kita sedang membicarakan salah satu gitaris ‘terbesar’ dunia, Zakk Wylde. Banyak orang yang mengira bahwa Zakk adalah orang yang brangasan, ya itu memang tidak sepenuhnya salah namun tidak sepenuhnya benar. Memang gayanya dia untuk menciptakan citra publik seperti itu, namun berdasarkan interview beberapa majalah yang saya baca tentang dia saya merasa bahwa Zakk adalah orang yang cukup rendah hati dan enak untuk diajak mengobrol. Tergambar dengan jelas lewat tulisan para reporter yang sedang mewawancarai dirinya mengesankan bahwa Zakk adalah “Renyah di luar, garing dan lembut di dalam”.

Masih berbicara tentang orang yang sama, beberapa minggu lalu saya tiba tiba merasa tertarik kepada sebuah pedal bernama (obviously) MXR Zakk Wylde Overdrive. Perlu saya jelaskan di awal bahwa saya bukanlah penggemar Zakk Wylde atau Black Label Society. Kenapa saya tertarik membeli pedal signature series miliknya adalah karena benda ini bergentayangan cukup lama dan cukup sering di forum forum satanic yang biasa kita kenal dengan sebutan Forum Jual Beli. Karena penasaran akhirnya saya mencoba mencari tahu demo dan review tentang pedal ini. Ternyata yang saya temukan adalah banyak review menyimpulkan bahwa MXR Zakk Wylde OD adalah pedal yang bagus dari segi suara maupun build quality. Akhirnya setelah menimbang alasan yang cukup kuat untuk membeli, saya putuskan untuk mengakuisisi pedal sialan ini.

MXR-Zakk-Wylde-Overdrive-Pedal-ZW44_600

Sebuah pembelian yang berdasarkan rasa penasaran tidak selamanya berujung penyesalan. MXR ZW OD sama sekali tidak mengecewakan saya. Saya memainkan gitar Telecaster dan Stratocaster saya dengan amplifier Tech 21 Trademark 60. Sound yang dihasilkan sangat transparan, artinya Tele masih terdengar seperti Tele dan Strat juga masih terdengar seperti Strat. Secara frekuensi lebih dominan low dan mid low dengan sedikit hi. Tidak terjadi mid bump dan low cut seperti pedal pedal overdrive pada umumnya. Dibanding dengan TS 9, saya lebih memilih MXR ZW OD. Drive yang dihasilkan cukup renyah dengan respon tone control yang baik. Cocok untuk music pop, jazz, dan blues. Dan jangan mengharapkan tone metal instan dari pedal ini karena memang bukan ditujukan untuk itu. Ini adalah overdrive,jika anda mencari pedal untuk musik cadas belilah pedal distorsi. Berhubungan dengan hal ini, konon kabarnya pedal ini adalah booster yang bagus untuk ampli tabung yang sudah cranked up karena Zakk sendiri menggunakannya dengan cara itu untuk mendapatkan tone gitar yang ganas lewat Marshall JCM 800 andalannya. Tapi berhubung saya tidak punya ampli tersebut jadi belum tahu seperti apa persisnya namun untuk dimainkan dengan sebuah ampli solidstate MXR ZW OD dapat memberikan respon suara yang lebih dari cukup.

“Tak ada gading yang tak retak”

Seperti yang tertera pada peribahasa di atas, pedal ini tentu saja tidak lepas dari kekurangan. Jika saya bisa memilih satu, maka itu adalah sifat kompresinya. Mungkin memang karakternya seperti itu karena sempat saya mendengar dan membaca kabar burung bahwa MXR ZW OD adalah pengembangan dari Boss Super Overdrive. Saya pernah punya SD 1 dan tidak suka dengan sifatnya yang ngompress. MXR ZW OD memang tidak separah itu kompresinya namun sifat itu masih ada walau dalam kadar yang masih bisa ditoleransi. Memang tidak bisa menyulap kodok menjadi sapi.

Secara keseluruhan MXR ZW OD adalah pedal overdrive yang bagus dengan harga yang masih masuk akal. Kalau bisa lebih baik anda mencari yang second, beruntung saya mendapat yang second dengan kondisi masih seperti baru. Untuk sebuah pedal overdrive menurut saya ini cukup bisa mengakomodir kebutuhan overdrive saya dalam bermusik. Dan hal yang menarik adalah beberapa orang khususnya gitaris menanyakan apakah saya semetal itu hingga membeli pedal signature series milik Zakk Wylde dan jawabannya tentu saja tidak. Namun seperti sang gitaris, pedalnya pun ternyata tidak segarang pencitraannya. Zakk memang menyeramkan, namun ternyata Ia adalah orang yang cukup sopan. Dan ternyata hal yang sama juga terjadi untuk pedalnya.

A humble killer.

Berikut adalah sound samplenya, direkam menggunakan Fender Telecaster direct melalui AMT F1 preamp.

Cheese it!

Oleh Iga Massardi

Advertisements

4 comments

  1. Iman · September 21, 2011

    Sedikit ada karakter “fuzzy” ya ga.

    • rigrigrig · September 23, 2011

      Sekilas agak seperti itu memang Man, cuman tergantung dari set di ampli kalo udah kotor dari amplinya memang dia akan terdengar agak fuzzy. Untuk sound scape IMO si ZW OD ini cukup fleksibel. Overdrive dengan sedikit ‘attitude’ 😀

  2. reza_prakoso(bali) · October 18, 2011

    Bang iga, ini kalo jadi boosternya dari efek gitar pre-amp amt R1, oke punya gak suaranya? Hehehehe 😀

    • rigrigrig · October 18, 2011

      Kebetulan belum pernah mencoba secara spesifik antara R1 dan ZW. Tapi kemungkinannya bisa, karena Zakk Wylde juga make ZW OD untuk nge-boost amplinya dia yang sudah ‘overdriven’. Mungkin dengan sedikit saran, untuk mencegah muddy sebaiknya drive dari ZW kecil aja tapi level dan tonenya yang lebih dominan. Selamat bermain! : )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s