Lollar Alnico 3 pickup

Howdy! Itu sapaan yang sering kita dengar ketika menonton acara Country Road di TVRI. Acara music yang secara khusus menyajikan music country dengan Tantowi Yahya sebagai host sekaligus lead vocal pada acara tersebut. Satu hal yang menarik dari acara tersebut adalah saya suka dengan gitarisnya. Entah siapa namanya namun Ia menggunakan Fender Telecaster. Lick lick yang Ia mainkan memiliki sound khas Telecaster, yaitu twangy dan jernih.

Itu tadi adalah intermezzo saja, sekarang mari kita menuju ke intinya.

Fender Telecaster memiliki 2 pickup. Satu pada posisi bridge dan satu pada posisi neck. Sekarang mari kita jelajahi satu persatu tentang karakter sound pada konfigurasi ini. Pada posisi bridge, sound yang dihasilkan sangat twangy dan memiliki kadar frekuensi high yang dominan. Di posisi middle, karakter yang timbul adalah pencampuran antara pickup bridge dan neck. Posisi inilah yang menurut saya soundnya itu ‘tele banget’. Antara kopong dan manis, agak sulit dijelaskan tapi untuk para pengguna Tele pasti tau maksud saya. Ketiga adalah posisi neck, pada posisi ini sound cenderung lebih dark dan soft serta memiliki output yang lebih kecil dibandingkan pickup bridge.

Saat ini saya memiliki Telecaster Mexico Special Edition, dengan maple neck dan body ash.saya cukup bahagia dengan pickup bridgenya. Namun saya tidak suka dengan pickup neck yang ada. Menurut saya terlalu dark dan kurang clear. Setelah browsing akhirnya saya menemukan (lebih tepatnya ditawarkan) pickup Lollar Alnico 3 untuk neck. Pucuk dicinta ulam tiba, setelah transaksi kemudian saya pasang pickup tersebut.

Sound pickup ini sangat clear dengan frekuensi yang seimbang. Kadar treble, mid, dan bassnya pas jadi walau pickup ini sangat clear namun tidak ada frekuensi treble yang menusuk. Untuk gitaris yang gemar bermain clean, pickup ini mungkin jadi pilihan tepat. Dan ketika bermain dengan overdrive pun soundnya tetep bisa terdengar clear, separasi tiap tiap senar masih terdengar jelas. Pada setting equalizer tertentu, suara yang dihasilkan bisa menyerupai sound neck pada Stratocaster. Pickup ini juga bisa dipasang pada konfigurasi 4 way switch untuk mendapatkan sound yang lebih tebal menyerupai humbucker. Untuk lebih jelas tentang 4 way switch bisa dilihat disini.

Orang yang berjasa dalam membuat pickup ini adalah pria bernama Jason Lollar, seorang warga negara Amerika yang tinggal di Seattle. Ia adalah salah seorang pembuat pickup yang memiliki reputasi sangat baik di mata para musisi internasional. Pickup buatannya memiliki kualitas yang bagus, menurut saya pun begitu. Awalnya saya tidak terlalu yakin dengan embel embel promosi yang umumnya bersifat “The True Vintage Replica.” Namun ketika mencoba Lollar Alnico 3 ini persepsi saya berubah. Bukan jadi yakin bahwa Lollar adalah The True Vintage Replica namun apapun jargonnya, faktanya adalah Lollar mampu  membuat pickup dengan build quality yang baik dengan sound yang tidak mengecewakan, khususnya pada tipe ini. Namun biar begitu tidak semua pickup buatan Lollar cocok dengan kuping saya, sebelumnya saya membeli juga pickup bridge seri Vintage T untuk Tele saya. Dan hasilnya adalah pickup tersebut tidak cocok pada gitar saya, suaranya terlalu twangy dan trebly. Mungkin cocok untuk selera sebagian orang, namun tidak untuk saya.

Pointnya adalah, memilih pickup untuk gitar sangat berbeda dengan ketika kita mencoba ampli dan efek. Karena kita tidak bisa mencoba sebelumnya, dan apakah pickup tersebut akan cocok dengan gitar kita? Itu adalah misteri selanjutnya. Namun setidaknya dengan Lollar, saya tidak perlu terlalu khawatir akan hal itu.

Twang!

Advertisements

3 comments

  1. Fajri · September 12, 2011

    salam kenal mas iga, masalah sy hampir sama dgn mas iga, gitar saya fender telecaster nashville deluxe series mexico dgn rosewood neck, sy jg kurang puas dgn sound di pick up neck yg cenderung dark dan berat tidak twangy sesuai harapan sy..bahasan mas iga ttg lollar alnico III buat sy trtarik pngen nyobain, kalau blh tau mas iga mesennya dmn ya?thx mas buat infonya.. 😀

    • rigrigrig · September 12, 2011

      Halo Bung Fajri! Kemaren itu beli 2nd tapi masih mulus dan lengkap dengan dus. Kalo beli disini kayaknya belom ada dealer/distributor resmi untuk Lollar. Tapi kalo mau pesen coba direct order lewat Lollar langsung atau search di Facebook orang yang namanya Andhy Susilo. Dia tinggal di Singapore. Sepertinya dia bisa mengakomodir jasa pemesanan spare part gitar kayak efek, pickup, dll. Soalnya sempet liat kemaren dia beli Lollar beberapa set *drool.. 😀

      Atau sebagai pilihan lain bisa browse beberapa tipe Seymour Duncan, mungkin ada yang cocok sama selera Bung Fajri.

      Semoga membantu, happy hunting!

  2. Fajri · September 12, 2011

    mantaps mas infonya..siapp dicoba segera ;D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s