TC Electronic Polytune

TC Electronic PolyTune

Zaman adalah suatu rentang waktu yang dipenuhi dengan perubahan-perubahan. Perubahan itu pasti akan terjadi. Entah perubahan itu hanya suatu perubahan kecil berskala minor, maupun suatu perubahan revolusioner yang dapat menggegerkan dunia. Jika kita bicara mengenai perubahan, salah satu hal yang sangat lekat dengan perubahan adalah teknologi. Teknologi senantiasa berubah. Berubah dan berkembang. Perkembangan teknologi tidak akan bisa terelakkan oleh manusia. Semenjak jaman batu, manusia sangat bergantung kepada teknologi. Dari awal hidupnya, manusia seakan terlekat oleh teknologi.

Apa itu teknologi? Dalam penjelasan sederhana, teknologi adalah pembuatan, penggunaan, dan pengetahuan dari suatu teknik atau sistem dari sebuah metode organisasi, untuk memecahkan suatu permasalahan atau untuk melayani suatu tujuan tertentu. Manusia adalah makhluk yang sangat dipenuhi oleh permasalahan. Maka, manusia membutuhkan bantuan teknologi untuk memecahkan berbagai permasalahan yang merundungnya.


Oke, cukup.

Apakah anda merasa bahwa paragraf di atas sangat bertele-tele dan berputar-putar? Apakah anda adalah seorang musisi (dalam hal ini gitaris/bassist) yang membenci alat musik fals dan keep things simple? Jika semua jawaban atas pertanyaan retoris tersebut adalah ya, maka anda adalah orang yang tepat untuk pedal ini. Sambutlah, PolyTune dari TC Electronic; pedal tuner simpel, akurat, dan tanpa bertele-tele!

Pedal ini adalah sebuah revolusi pedal tuner yang sangat memudahkan anda untuk menyetem gitar/bas anda. Cocok bagi anda yang bertujuan untuk mendapatkan kecepatan dalam tuning, namun menuntut pula ketepatan dalam pitch suatu nada yang anda mainkan. Seperti jargon dari produk ini, yaitu “Strum – Tune – Rock!” anda akan dapat semudah dan sesederhana tiga langkah tersebut dalam mencapai tujuan anda. Mode polyphonic tune dalam PolyTune ini dapat mendeteksi pitch semua senar dalam sekali strum (genjreng) dengan akurasi +/- 1 cent. Pitch pedal ini dapat diset dari 435Hz sampai 445Hz, tergantung dari preferensi pitch favorit anda. Mode polyphonic pada pedal tuner ini menurut saya cukup akurat dan dapat diandalkan, tentunya kecuali anda adalah Beethoven.
Pedal ini dapat juga digunakan seperti layaknya pedal chromatic tuner biasa dengan teknologi “MonoPoly,” dimana pedal ini dapat membedakan antara di-tune sambil di-strum, atau di-tune sambil anda petik senarnya satu persatu (mono-chromatic tuning). Dalam mode mono-chromatic, bahkan akurasinya mencapai +/- 0.5 cent. Amat sangat akurat dan sangat terpercaya, sekali lagi, tentunya kecuali anda adalah John Philip Sousa. Respon pendeteksi pitch dari kedua mode tuner tersebut di atas juga sangat cepat dan tepat. Saya sudah melakukan sedikit tes dengan memutar-mutar peg gitar saya dengan gerakan yang bisa dibilang cukup liar, dan respon dari pedal tuner ini sangat memuaskan. Pitch yang dihasilkan dapat langsung terdeteksi nyaris tanpa latency yang berarti.

Jika anda adalah seorang “gigging guitarist” atau gitaris yang senantiasa bermain dari panggung ke panggung, maka pedal tuner ini adalah saya sarankan. Tidak  perlu lagi anda menyuruh kru anda untuk menyetem gitar anda di backstage. Beberapa saat sebelum anda memainkan killer licks andalan, sempatkanlah sejenak untuk menggunakan polyphonic tuner dari pedal ini. Panggung anda berada tepat di bawah teriknya sinar matahari? Atau bermasalah dengan gelap gulitanya panggung sebelum lampu sorot dinyalakan? Seperti layaknya smart phone kebanggaan anda, display PolyTune ini sudah dilengkapi dengan ambient light sensor, yang mampu beradaptasi dengan sumber cahaya.

PolyTune juga dilengkapi dengan DC output jack yang dapat dihubungkan secara daisy chain untuk membagikan daya dari power supply ke pedal lain di rangkaian efek anda. Namun jujur saja, hal ini belum pernah saya tes sebelumnya. Fitur ini saya anggap kurang esensial dan sangatlah bertolak belakang dengan filosofi simpel dari pedal ini (padahal memang saya saja yang malas untuk mengetesnya –maaf)

Nampaknya pedal ini memang “too good to be true” bagi sebagian orang, dan menurut saya, pedal ini adalah salah satu pedal tuner terbaik yang pernah diciptakan oleh umat manusia. Namun tiap-tiap manusia tidak akan luput dari kelemahan. Salah satunya adalah harga. Pedal ini dipatok dengan harga di atas rata-rata pedal tuner sekelasnya. Dan juga ada sedikit kabar buruk untuk para pujangga musik-musik folk atau para serdadu blues yang sangat membutuhkan alternative tuning untuk mempermanis nuansa komposisi sebuah lagu, PolyTune tidak diperkuat oleh fitur alternative tuning untuk mode polyphonic-nya. Anda masih harus menggunakan cara klasik dengan tetap satu persatu memetik senar dengan sabar (atau tetap menggunakan mono-chromatic tuning). Meskipun demikian, dengan kelemahan-kelemahan tersebut, saya tetap merekomendasikan pedal ini dengan sepenuh hati.

Akhir kata, rasanya ulasan ini sangat bertele-tele. Berbanding terbalik dengan fitur dan penggunaan dari PolyTune yang super simple dan straight-forward. Seperti kata Tore Mogensen, Guitar Product Manager dari TC Electronic, “HOAAAAAAAAAAAAA!!!”

Euh, maaf. Pernyataan barusan adalah pernyataan dari Toro Margens, yang terkenal dengan suara berat dan teriakan-teriakan menggelegarnya. Maksud saya adalah pernyataan Tore Mogensen yang ini, “we can’t make tuning fun. But we can sure make it a whole lot easier!” Dan saya pun seratus persen, atau lebih tepatnya, +/- 0.5 cent setuju dengan Tore.
PROS
– Cepat dan tepat
– Display yang bersahabat
– Design yang elegan
– True bypass untuk para tone purist

CONS
– harga di atas rata-rata pedal sekelasnya
– tidak adanya fitur alternative tuning pada mode polyphonic
– hanya untuk gitar elektrik

SPECIFICATION

Tuning Accuracy: +/- 0.5 cent (mono)  +/- 1 cent (poly)
Reference Pitch: A4 = 435 to 445 Hz (1 Hz steps)
Power Supply: One 9V type battery or AC adapter (9V DC)
Current Draw: 45 – 50 mA

Oleh : Assa Nuraga

Advertisements

One comment

  1. Higginbotham · August 23, 2011

    Asyik yaaaaaaa!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s