Telecaster Mexico Special Edition

Beberapa waktu lalu saya pergi ke sebuah toko musik di Plaza Senayan, ketika itu saya tidak berminat atau berniat untuk membeli apapun. Saya cuma datang mau lihat lihat, cuci mata.

Setelah puas melihat jajaran efek dari T Rex Engineering, kemudian saya berniat keluar dari toko itu. Namun sebelum keluar saya iseng melirik ke etalase gitar, dan tiba tiba saya tertegun. Pandangan saya tidakk bisa lepas dari sebuah gitar Telecaster blonde dengan pickguard warna hitam yang bertengger dengan gagahnya di atas sana. Entah apa yang merasuki saya, tapi ketika itu saya merasakan chemistry yang luar biasa terhadap gitar tersebut. Lalu saya urungkan niat untuk mencobanya karena saya nggak mau jadi kepikiran nanti ketika saya pulang ke rumah.

Namun apa yang terjadi setelah itu adalah saya tidak bisa melepaskan sosok si Telecaster dari pikiran saya. Selama berkeliling mall saya terus mikirin itu. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk nyoba. Dan ketika saya coba ternyata intuisi saya benar. Neck radiusnya terasa enak dan pas, sound pickupnya sesuai dengan selera saya, dan finishnya juga bagus dan rapih sekali.Β  Sebuah gitar yang harus saya miliki pikir saya saat itu..

Hari demi hari berlalu sambil terus saya cari tahu informasi tentang gitar itu, forum forum luar negeri saya samperin satu satu sampe akhirnya ketemu juga info tentang Telecaster ini. Review yang ada memliki reputasi yang bagus, gitar dengan harga terjangkau namun kualitasnya baik. Setelah menimang nimang dan berdoa, tekad saya bulatkan untuk membeli si Telecaster.

Saat ini si Telecaster sudah ditangan saya, saya sungguh bersyukur. Gitar ini bener bener cocok untuk saya. Sebelumnya gitar utama saya adalah Fender Stratocaster USA, sebuah gitar yang sangat fleksibel dan enak banget. Namun Telecaster bisa mengeluarkan sisi saya yang lain, sisi yang lebih to the point dan agresif. Perbandingan secara sound, Tele punya karakter yang lebih kering dari Stratocaster, lebih unpolished, raw, dan apa adanya. Ibarat perempuan, Stratocaster adalah supermodel yang siap di catwalk sementara Telecaster adalah anak kampus yang cantik dan tomboy.

Secara performa, Telecaster Mexico Special Edition ini punya playability yang sangat baik. Bahkan ketika saya bandingkan dengan Telecaster American Special saya nyaris tidak menemukan perbedaan yang signifikan.Β  Saya berani bilang bahwa Telecaster Mexico Special Edition punya build quality yang bisa disejajarkan dengan buatan USA. Yang jadi concern saya adalah pickup stocknya terutama di posisi neck punya sound yang cenderung dark, untuk bridge lebih dominan mid low. Hasilnya memang bukan sound tele twangy yang biasanya jadi ciri khas, namun untuk bridge saya merasa cocok cocok saja. Kecuali untuk pickup neck yang akhirnya saya ganti dengan Lollar Alnico 3 (review Lollar Alnico 3 di sini). Tadinya saya ganti satu set, bridgenya saya pake Lollar Vintage T, tapi ternyata jadi terlalu bright soundnya. Karena saya tidak suka, maka saya kembalikan ke pickup bridge yang lama agar frekuensinya lebih seimbang dan nggak terlalu bright. Pengerjaan fret juga rapih dan halus jadi sangat nyaman di tangan. Mungkin perihal berat yang juga jadi perhatian saya, gitar ini lebih berat dari Stratocaster saya. Awalnya cukup kaget namun sekarang saya udah terbiasa.

Gitar ini sudah saya pakai buat manggung dan latihan, sangat bisa diandalkan. Tuning cenderung stabil dan noise serta feedback nggak pernah jadi masalah. Secara tampilan juga keren, karena teman teman saya bilang begitu.

Good price and good sound, anything else is rock and roll.

Oleh : Iga Massardi

Advertisements

5 comments

  1. Didit · August 8, 2011

    LOL, gw ngerti banget perasaan gundah gulana sebelum beli alat, pake acara lihat review, menimang-nimang, berdoa, hahaha.. ternyata di mana-mana sama aja yah? πŸ˜€ anyway, jadi penasaran nih sama soundnya.

  2. barlianyoga · August 8, 2011

    enak kok. . . tergantung tangan yang main nya juga sih… πŸ˜€

    • rigrigrig · August 16, 2011

      “Tone is in you hand” klise namun ada benarnya πŸ˜€

  3. Higginbotham · August 8, 2011

    Special Edition for a Special Player…

  4. kiki · May 5, 2012

    sebagai pengguna strat saya,,setuju banget ‘strat adalah cewe supermodel dan tele adalah anak kampusan”

    nambain lg dikit,,kadang kualitas fender mexico klo nyarinya sabar2 bisa dapet yg bagus banget!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s