LR Baggs Para Acoustic DI

Bagi para pengguna gitar akustik, kejernihan suara yang dihasilkan menjadi kebutuhan utama, baik untuk keperluan live atau rekaman. Hal ini mungkin dengan mudah bisa anda dapatkan jika memiliki gitar akustik atau ampli khusus akustik kualitas atas, yang biasanya dipatok dengan harga cukup tinggi.

Beruntung LR Baggs menciptakan Para Acoustic DI yang merupakan kombinasi antara active direct box, equalizer dan preamp untuk gitar akustik, semuanya terangkum dalam casing logam kasar yang kokoh.

LR Baggs Para Acoustic DI memiliki koneksi berupa input/output jack serta tambahan XLR output jack. Ketika jack terpasang di input, maka preamp langsung berada dalam posisi menyala. Selain itu juga disediakan input FX Loop send-return untuk outboard effects seperti reverb, chorus, delay, dll. Kenop Gain dan Volume memiliki fungsi yang berbeda, Volume hanya untuk mengatur berapa banyak sinyal yang keluar, sementara Gain berfungsi untuk mengatur berapa besarnya amplifikasi yang dibutuhkan di sinyal input. Pengaturan besar kecilnya Gain dapat menghasilkan karakter suara yang berbeda. LR Baggs Para Acoustic DI menggunakan tenaga baterai 9 volt atau phantom power dari kabel XLR.

Five-band equalizer terdiri dari Low EQ Band Control, Notch, Midrange Control, Presence dan Treble Control. Fitur Low EQ membantu kita untuk menghasilkan tone yang lebih warm, memberi kesan ruang yang lebih luas dari gitar akustik. Selain itu, Low EQ Band juga bisa digunakan untuk mengurangi frekuensi bass apabila terjadi feedback. Midrange Control berfungsi untuk mengatur frekuensi antara 400 Hz – 1.600 Hz, sangat membantu untuk memperjelas tone gitar dengan pick up kualitas menengah ke bawah. Presence dan Treble Control memiliki fungsi yang hampir serupa untuk meningkatkan kejernihan suara (clarity) dari gitar akustik. Terakhir fitur Notch merupakan elemen yang cukup penting dari sebuah preamp untuk gitar akustik. Fitur Notch membantu kita untuk memotong frekuensi yang tidak diperlukan untuk mencegah terjadinya feedback. Kenop Tune dari Fitur Notch terdiri dari frekuensi sebagai berikut: G=98 Hz, A=110Hz, D=150Hz dan B=247Hz. Cara untuk mencegah terjadinya feedback dengan fitur Notch ini adalah dengan membunyikan tiap nada di gitar untuk mencari sumber feedback. Setelah nada yang menyebabkan feedback ditemukan, gunakan kenop Tune – Notch untuk memilih nada yang berhubungan lalu putar kenop Notch sampai feedback menghilang.

Saya menggunakan gitar Cort MR-710F dengan pick-up Fishman Classic 4T yang biasanya langsung dihubungkan ke mixer. Sebelum memakai LR Baggs Para Acoustic DI, saya sempat memakai preamp lain (Behringer ADI21) yang cukup bisa diandalkan untuk panggung dengan kapasitas sound yang tidak terlalu besar. Namun ketika bertemu dengan panggung berkapasitas sound besar, preamp tersebut tidak mampu mengangkat gain gitar akustik saya yang berujung pada tipisnya suara yang dihasilkan. Itulah yang menjadi alasan saya untuk memakai LR Baggs Para Acoustic DI, karena mampu membuat suara gitar akustik saya menjadi lebih tebal dan berisi dengan kejernihan suara yang cukup detil. Selain itu, tanpa harus memakai soundhole cover, feedback sangat jarang terjadi berkat fitur Notch. Namun menurut saya, preamp ini memiliki kekurangan apabila dihubungkan dengan ampli, apalagi yang memiliki karakter Low. Entah karena karakter gitar saya atau bukan, tapi apabila dihubungkan dengan ampli, sound yang dihasilkan cenderung Low-Mid. Berbeda dengan menghubungkan langsung ke mixer yang bisa menghasilkan suara lebih gemerincing. Kesimpulannya, LR Baggs Para Acoustic DI merupakan pilihan yang baik bagi para pengguna gitar akustik untuk mendapatkan kualitas suara yang setara dengan gitar akustik high-end. Dengan harga di kisaran 2 juta, rasanya sebanding dengan fitur memuaskan serta rasa aman yang diberikan oleh LR Baggs Para Acoustic DI untuk suara gitar akustik anda.

Oleh : Andra Budi Kurniawan

Advertisements

8 comments

  1. yoga · August 8, 2011

    karena tidak pake phantom power pada umum D.I atau adaptor pada pre-amp umumnya penggunaan batere harus rutin di cek. mungkin itu saja selain itu fungsi invert pada ckup membantu dalam membalik phase suara sehingga tdk “menggulung dengan” suara pada phase frekuensi yang sama.

    • Higginbotham · August 9, 2011

      Great info! thanks man!

      • rigrigrig · August 16, 2011

        you’re welcome!

  2. orange · August 16, 2011

    tau kisaran harga nya ? keren nih
    cucok utk LR Baggs m1 active ogut

    • rigrigrig · August 16, 2011

      Harganya sekitar Rp. 2.200.000 (mungkin bervariasi)

  3. donnykbs - bengkelmusik. · September 6, 2011

    ga,

    kalo taylor, gibson, cole clark kan karakternya cukup kuat tuh, kalo pake para DI apakah itu bisa ngurangin/menghilangkan karakter asli dari gitar tersebut ? soalnya gw suka banget ama karakter gitar akustik gw, hehe… thanks dan hope you have a good day, nice website πŸ™‚

    • rigrigrig · September 6, 2011

      Halo Bung Donny, LR Baggs ini emang bisa ngeboost beberapa frekuensi yang bikin sound gitar asli akan sedikit berubah (menurut kami ke arah yang lebih baik). Sejauh ini gitar yang kami pake adalah Alvarez dan Cort (seri menengah) sound yang dihasilkan jadi lebih bold. Namun parameternya bisa diatur untuk menyesuaikan sama karakter asli gitar kita. Mengenai karakter asli kami rasa nggak akan hilang, namun hal ini juga tergantung dari setting parameter si user sendiri. Sifat parameternya kurang lebih dapat bertindak sebagai tone enchancer/maximizer, namun lebih fleksibel dan detil. Kira kira seperti ini gambaran yang bisa kami kasi tau, untuk lebih jelasnya kami sarankan Bung Donny mencoba sendiri. Di Nuansa Musik dan Delta Musik sepertinya ada. Cheers! πŸ™‚

      • donnykbs - bengkelmusik · September 6, 2011

        @rigrigrig,

        ok thanks ga penjelasannya, sebenernya penasaran sih sama aura sixteen, kan saingannya tuh πŸ™‚

        soalnya gw pake cole clark dengan planet waves o-port aja udah merubah karakter cole clark, jadi lebih fokus, tapi hampir ga seperti cole clark jadi ya nyebelin gitu, tapi bisa ngurangin feedback saat recording miking sih, gw malah lebih suka pake screech halt untuk live, ga merubah/menghilangkan karakter asli, walau ada pengurangan kuailtas sound… Makanya gw jadi agak was-was mau milih di box acoustic….

        thanks penjelasannya dan sukses slalu πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s